Sunday, September 9, 2012

Manfaat Kayu Cendana

Kayu cendana terdiri atas dua macam, yaitu kayu yang digunakan untuk obat dan digunakan sebagai minyak wangi.

Kayu cendana yang digunakan untuk wewangian atau pengharum ruangan, jenisnya bermacam-macam.Yang terbaik selama ini diketahui berasal dari India, lalu ada juga kyu cendana Cina, kayu cendana Mandal. Ciri dari kayu cendana yang terbaik adalah berwarna hitam dan biru, keras, padat, dan pekat.Yang kurang baik adalah yang ringan dan mengapung di  atas air. Ada yang mengatakan bahwa kayu cendana adalah pohon yang ditebang lalu dipendam di dalam tanah dan pengurai tanah akan memakan bagian yang berguna dari kayu itu, sehingga yang tersisa adalah kayu wangi yang tidak dapat dimakan tanah.Bagian kulitnya yang tidak wangipun akan membusuk dan terkelupas.

Kayu cendana bersifat panas dan kering pada tingkatan ketiga, dapat bermanfaat untuk membuka penyumbatan-penyumbatan dan mengusir angin.Kayu cendana mengeringkan kelebihan, kelembaban tubuh, memperkuat usus-usus serta menormalkan detak jantung. Selain itu, kayu cendana juga baik untuk otak, mempertajam indera, menguatkan perut,membantu menyembuhkan enuresis dan mengobati beser akibat dinginya kandung kencing.

Kayu cendana dapat digunakan di dalam atau di luar tubuh, dibakar sendiri atau bersama bahan lainya. Ada nilai medis tersendri ketika kayu cendana dicampur dengan kapur barus, karena masing-masing melengkapi unsure yang lain. Membakar kayu cendana dapat membersihkan udara yang merupakan salah satu dari enam unsur penting bagi kesehatan tubuh. Udara yang bersih akan membuat badan menjadi sehat.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda mencerminkan kepribadian anda :)

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser

Messaging And Chatting

Pengunjung